Pembuatan Website E-Learning TK
Latar Belakang
Taman Kanak-kanak
(TK) sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan pra-sekolah yang bertujuan untuk
membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, kemampuan,
dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan
lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Usia taman
kanak-kanak merupakan usia keemasan bagi anak, pada usia 0-6 tahun anak
mengalami masa peka untuk menerima suatu rangsangan / stimulus.
Kurikulum
atau program kegiatan belajar yang dikembangkan disusun berdasarkan
karakteristik anak dan cara belajar anak. Dalam penyempurnaan kurikulum yang
telah mengacu pada UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
Pasal 1 ayat (14) menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu
upaya pembinaan yang ditujukan anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang
dilakukan melalui pemberian rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap dalam memasuki pendidikan yang
lebih tinggi. Kemendikbud Nomer : 0486/U/1992, Bab II Pasal 3 ayat (1)
menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini
yang bertujuan membantu meletakkan serta daya cipta untuk pertumbuhan
serta perkembangan anak didik selanjutnya.
Seiring
dengan perkembangan ilmu pengetahuan tentang perkembangan anak, maka orang
semakin menyadari pentingnya memberi stimulus sejak dini pada anak – anak.
Kemampuan yang harus dikembangkan antara lain pengembangan kognitif.
Pengembangan kognitif banyak macamnya, salah satunya dalam mengetahui macam-macam
huruf. Pengenalan huruf sangat penting di usia keemasan karena sebagai dasar
untuk membedakan apa yang dilihatnya.
Dalam
rangka meningkatkan pendidikan Taman Kanak-kanak, berbagai upaya dapat
dilakukan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kemampuan
profesionalisme guru merupakan hal yang penting sebab kemampuan inilah yang
berpengaruh langsung terhadap pelaksanaan peningkatan mutu proses dan hasil
belajar mengajar. Salah satu kompetensi yang perlu dikuasai oleh anak TK adalah
dalam mengenal huruf belum menunjukkan hasil seperti yang diharapkan. Oleh
sebab itu, dalam penelitian ini peneliti ingin membantu meningkatkan kemampuan
anak dalam mengenal huruf-huruf alpabet.
Pada
saat ini banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf. Hal
ini terlihat saat mereka mengikuti pelajaran. Kondisi ini disebabkan oleh
kurangnya alat peraga yang dimiliki pihak sekolah juga metode yang digunakan
guru kurang menarik dalam penyampainya sehingga dapat membosankan anak. Untuk
itu peneliti mencoba mengatasi masalah tersebut dengan membuat metode pembelajaran
kreatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar