ORGANISASI
PERUSAHAAN
Nama : Putri Uswatun Hasanah
Npm : 17113048
Kelas : 2KA19
KATA PENGANTAR
Kehadiran artikel organisasi perusahaan ini di tengah tengah
masyarakat jelas sangat di butuhkan karena dengan mempelajari ilmu organisasi
perusahaan maka masyarakat akan dapat lebih mendalami berbagai teori dan
berbagai masalah masalah organisasi yang makin kompleks.
Meskipun masalah organisasi perusahaan ini sudah banyak
dibicarakan di buku-buku administrasi dan manajemen, tetapi artikel saya ini
akan membahas masalah organisasi. Sehubung dengan hal tersebut, saya akan
menjelaskan semua tentang organisasi yang saya ketahui, memberikan ilmu dan
mengembangkan ilmu organisasi yang kalian tidak ketahui.
Materi artikel ini saya buat
dengan kemampuan yang saya miliki. Saya menyadari sepenuhnya bahwa artikel ini
masih banyak kekurangan nya. Dengan ini saya mohon maaf apa bila ada kekurangan
dalam artikel yang saya buat ini.
Semoga artikel saya ini berguna bagi anda semua dan
bermanfaat.
A.
Pengertian Organisasi
organisasi
adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama, untuk
mencapai tujuan tersebut dibutuhkannya koordinasi dan sarana atau wadah.
Organisasi
memiliki pandangan diantaranya adalah sebagai pandangan wadah “tempat kegiatan
dilaksanakan dan juga sebagai proses” yaitu hubungan formal dan informal,dan
sebagai system .
Organisasi
sebagai wadah jadi wadah sebagai tempat pelaksanaan organisasi tersebut,
organisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerja sama antar
anggota dalam organisasi dan proses dibagi menjadi 2 bagian yaitu proses formal
dan proses informal :
- proses
formal adalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh
top manajemen.
- proses
informal mempunyai 3 peranan yaitu :
- Untuk
sarana komunikasi
- Untuk
mengatur kerjasama
- Untuk
memelihara kebebasan dalam bertindak.
Untuk
hanya sekedar tau arti organisasi oleh para ahli :
Menurut
Stoner organisasi adalah
suatu pola hubungan – hubungan yang melalui mana orang – orang di bawah
pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Menurut
Chester I. Bernard organisasi adalah
suatu system aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Menurut
James D. Mooney organisasi adalah
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Ciri-ciri
Umum Suatu Organisasi, yaitu:
- koordinasi
Upaya
- Tujuan
Umum Bersama
- Pembagian
Kerja
- HIerarki
Otoritas
Unsur-unsur
Organisasi, yaitu;
- adanya
orang orang
- adanya
kerja sama
- adanya
tujuan bersama
Selanjutnya
saya akan menjelaskan tententang pengertian orgnaisasi perusahaan.
B.
PENGERTIAN ORGANISASI PERUSAHAAN
Menurut
saya, Orgnaisasi perusahaan adalah suatu badan perusahaan yang melakukan
kegiatan berupa pmasaran, produksi, personalia,keuangan, serta administrasi dan
akuntansi demi tercapainya tujuan-tujuan.
Organisasi
perusahaan adalah kegiatan yang melakukan operasional dan dan manajerial, badan
usaha menghadapi lingkungan yang terdiri atas ideologi, politik, hukum,
ekonomi, teknologi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan baik lokal,
provinsial, nasional, regional, maupun nasional.
Tujuan Organisasi Perusahaan
Menurut
saya, tujuannya adalah sesuatu sasaran yang hendak di capai. karena dalam suatu
perusahaan memiliki tujuannya masing masing. contohnya; bekerja sama dalam
mengerjkan sesuatu kegiatan yang tak akan mungkin bisa dikerjakan secara
individu
tujuan utama nya terbagi menjadi 3 bagian:
tujuan utama nya terbagi menjadi 3 bagian:
- bertujuan
untuk mendapatkan keuntungan
- bertujuan
untuk memberikan kesahteraan anggota dan karyawan
- dan
bertujuan untuk memberikan kesahteraan masyarakat. lembnaga yang bergerak
dalam pemberian pelayanan kepentingan umum, misalnya ; PT.Bank Tabungan
Negara(PERSERO)
Visi
dan Misi Organisasi Perusahaan
· # Visi
Membuat
nama baik perusahaan
Merencanakan
suatu organisasi dalam perusahaan
· # Misi
Meningkatkan
kemampuan dalam berorganisasi
Meningkatkan
kerja sama pada saat dalam melakukan kegiatan kegiatan
Bentuk-bentuk
Organisasi Perusahaan
1. Firma (FA)
dasar
hukum yang mengatur berdirinya firma dapat di jumpai pada pascal 16
undang-undang Hukum Perdagangan, yang antara lain menyatakan bahwa firma adalah
persekutuian untuk menjalankan perusahaan di bawah nama bersamaan.
2.
Perserongan Komanditer (CV)
perserongan
komanditer disebut juga commanditaire vennootschaap (CV).
Dasar hukum yang mengaturnya CV dapat dijumpai pada pasal 19 kitab
undang-undang hukum dagang yang dinyatakan bahwa commanditaire
vennootschaap atau CV adalah suatu perjanjian kerjasana untuk berusaha
bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin, mengatur, bertanggung jawab
dalam sebuah perusahaan.
3.
Perseroan Terbatas
perseroan
terbatas (PT) mempunyai ciri sebagai berikut:
- Kekayaan
PT terpisah dengan kekayaan para pemegang saham
- Kekuasaan
tertinggi pada PT ada di tangan rapat umum pemegang saham. setiap pemegang
saham memiliki hak suara yang sama dalam rapat umum.
- Para
pemegang saham utama biasanya duduk dalam dewan komisaris.
- Hasil
keputusan rapat umum pemegang saham biuasanya di limpahkan kepada Dewan
Komisaris.
- Yang
menjalankan kebijaksanaan manejemen ialah Dewan Komisaris
- Modal
Usaha cukup besar. Oleh karna itu bentuk PT didirikanm untuk jenis usaaha
yang membutuhkan modal yang snagat besar
Nilai-nilai
Penting Organisasi Perusahaan
- Integritas
: Menjalankan tugas dan pekerjaan dengan selalu memegang teguhkode etik
dan prinsip moral
- Inovasi
: Memiliki pemikiran yang bersifat terobosan atau alternatif pemecahan
masalah yang kreatif dengan meperhatikan aturan dan norma yang berlaku
- Profesionalisme
: Memiliki kompetensi di bidang profesi dan menjalankan tugas dan
pekerjaaan sesuai dengan kompetensi, kewewenangan serta norma-norma
profesi, etika, dan sosial
- Teamwork
: Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan orang atau pihak lainnnya,
serta membangun network untuk menunjsng dan menjalankan tugas atau
pekerjaanya masing masing
Arti
Penting Organisasi Perusahaan
Menurut saya, arti penting organisasi dalam perusahaan itu
adalah mengerjakan kegiatan kegiatan dengan baik, melakukan pekerjaan secara
bersama sama, membuat kelompok dalam pekerjaan organisasi, memberi masukan pada
rekan rekan kerjanya, memberi motivasi pada rekan rekan kerja nya, bekerja
dengan sekreatif mungkin agar semua tugas tugas yang di kerjakan nya mendapat kan
hasil yang sangat memuaskan.
Daftar Pustaka
Aldag (R.J) & BRIEF (A.P) managing organizational behavior.
New York. West Publishing company. 1981.498 PP
penulis Prof. Dr Faisal Affif.spec.iic, Prof. Dr. R. PAEMELEIRE
dan I. UYTTERSCHOUT
Chesters I Barnard. The Functions Of The Execcutive, Harvord
University Press, Cambridge. Mass 1938
penulis Prof. Dr. Sukanto Reksonadiprodjo. M.COM, penerbit
Yogyakarta
Allen, Louis A., 1958, Management and Organization, New York, MC
Graw-Hill Book Company
penulis Drs. IG Wursanto
Argyris, Chris. Integrating The Individual and The Organization.
New York: John Wiley and Sons Inc., 1964
penulis Prof. Dr. J. Winardi, SE
http://hellmie.wordpress.com/2009/10/20/pentingnya-organisasi-dalam-perusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar