Kamis, 02 Oktober 2014

NEW TEORI ORGANISASI UMUM 1 (ARTIKEL TEORI ORGANISASAI PERUSAHAAN) PERTEMUAN PERTAMA

ORGANISASI PERUSAHAAN 

Nama : Putri Uswatun Hasanah
Npm   : 17113048
Kelas  : 2KA19

KATA PENGANTAR
  
Kehadiran artikel organisasi perusahaan ini di tengah tengah masyarakat jelas sangat di butuhkan karena dengan mempelajari ilmu organisasi perusahaan maka masyarakat akan dapat lebih mendalami berbagai teori dan berbagai masalah masalah organisasi yang makin kompleks.

Meskipun masalah organisasi perusahaan ini sudah banyak dibicarakan di buku-buku administrasi dan manajemen, tetapi artikel saya ini akan membahas masalah organisasi. Sehubung dengan hal tersebut, saya akan menjelaskan semua tentang organisasi yang saya ketahui, memberikan ilmu dan mengembangkan ilmu organisasi yang kalian tidak ketahui.

       Materi artikel ini saya buat dengan kemampuan yang saya miliki. Saya menyadari sepenuhnya bahwa artikel ini masih banyak kekurangan nya. Dengan ini saya mohon maaf apa bila ada kekurangan dalam artikel yang saya buat ini.

Semoga artikel saya ini berguna bagi anda semua dan bermanfaat.


A. Pengertian Organisasi
organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan  yang sama, untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkannya koordinasi dan sarana atau wadah.
Organisasi memiliki pandangan diantaranya adalah sebagai pandangan wadah “tempat kegiatan dilaksanakan dan juga sebagai proses” yaitu hubungan formal dan informal,dan sebagai system .
Organisasi sebagai wadah jadi wadah sebagai tempat pelaksanaan organisasi tersebut, organisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerja sama antar anggota dalam organisasi dan proses dibagi menjadi 2 bagian yaitu proses formal dan proses informal :
  • proses formal adalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
  • proses informal mempunyai 3 peranan yaitu :
  1. Untuk sarana komunikasi
  2. Untuk mengatur kerjasama
  3. Untuk memelihara kebebasan dalam bertindak.
Untuk hanya sekedar tau arti organisasi oleh para ahli :
Menurut Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan – hubungan yang melalui mana orang – orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Menurut Chester I. Bernard organisasi adalah suatu system aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Menurut James D. Mooney organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Ciri-ciri Umum Suatu Organisasi, yaitu:
  1. koordinasi Upaya
  2. Tujuan Umum Bersama
  3. Pembagian Kerja
  4. HIerarki Otoritas 
Unsur-unsur Organisasi, yaitu;
  1. adanya orang orang 
  2. adanya kerja sama 
  3. adanya tujuan bersama 
Selanjutnya saya akan menjelaskan tententang pengertian orgnaisasi perusahaan.
B. PENGERTIAN ORGANISASI PERUSAHAAN
Menurut saya, Orgnaisasi perusahaan adalah suatu badan perusahaan yang melakukan kegiatan berupa pmasaran, produksi, personalia,keuangan, serta administrasi dan akuntansi demi tercapainya tujuan-tujuan. 

Organisasi perusahaan adalah kegiatan yang melakukan operasional dan dan manajerial, badan usaha menghadapi lingkungan yang terdiri atas ideologi, politik, hukum, ekonomi, teknologi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan baik lokal, provinsial, nasional, regional, maupun nasional. 

Tujuan Organisasi Perusahaan
Menurut saya, tujuannya adalah sesuatu sasaran yang hendak di capai. karena dalam suatu perusahaan memiliki tujuannya masing masing. contohnya; bekerja sama dalam mengerjkan sesuatu kegiatan yang tak akan mungkin bisa dikerjakan secara individu
tujuan utama nya terbagi menjadi 3 bagian: 
  1. bertujuan untuk mendapatkan keuntungan 
  2. bertujuan untuk memberikan kesahteraan anggota dan karyawan 
  3. dan bertujuan untuk memberikan kesahteraan masyarakat. lembnaga yang bergerak dalam pemberian pelayanan kepentingan umum, misalnya ; PT.Bank Tabungan Negara(PERSERO)
Visi dan Misi Organisasi Perusahaan 
·         # Visi
Membuat nama baik perusahaan 
Merencanakan suatu organisasi dalam perusahaan 

·       #  Misi 
Meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi 
Meningkatkan kerja sama pada saat dalam melakukan kegiatan kegiatan

Bentuk-bentuk Organisasi Perusahaan 
1. Firma (FA)
dasar hukum yang mengatur berdirinya firma dapat di jumpai pada pascal 16 undang-undang Hukum Perdagangan, yang antara lain menyatakan bahwa firma adalah persekutuian untuk menjalankan perusahaan di bawah nama bersamaan. 

2. Perserongan Komanditer (CV)
perserongan komanditer  disebut juga commanditaire vennootschaap (CV). Dasar hukum yang mengaturnya CV dapat dijumpai pada pasal 19 kitab undang-undang hukum dagang yang dinyatakan bahwa commanditaire vennootschaap atau CV adalah suatu perjanjian kerjasana untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin, mengatur, bertanggung jawab dalam sebuah perusahaan. 

3. Perseroan Terbatas 
perseroan terbatas (PT) mempunyai ciri sebagai berikut: 
  • Kekayaan PT terpisah dengan kekayaan para pemegang saham 
  • Kekuasaan tertinggi pada PT ada di tangan rapat umum pemegang saham. setiap pemegang saham memiliki hak suara yang sama  dalam rapat umum. 
  • Para pemegang saham utama biasanya duduk dalam dewan komisaris. 
  • Hasil keputusan rapat umum pemegang saham biuasanya di limpahkan kepada Dewan Komisaris.
  • Yang menjalankan kebijaksanaan manejemen ialah Dewan Komisaris
  • Modal Usaha cukup besar. Oleh karna itu bentuk PT didirikanm untuk jenis usaaha yang membutuhkan modal yang snagat besar 
Nilai-nilai Penting Organisasi Perusahaan 
  • Integritas : Menjalankan tugas dan pekerjaan dengan selalu memegang teguhkode etik dan prinsip moral 
  • Inovasi : Memiliki pemikiran yang bersifat terobosan atau alternatif pemecahan masalah yang kreatif dengan meperhatikan aturan dan norma yang berlaku
  • Profesionalisme : Memiliki kompetensi di bidang profesi dan menjalankan tugas dan pekerjaaan sesuai dengan kompetensi, kewewenangan serta norma-norma profesi, etika, dan sosial 
  • Teamwork : Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan orang atau pihak lainnnya, serta membangun network untuk menunjsng dan menjalankan tugas atau pekerjaanya masing masing 
Arti Penting Organisasi Perusahaan 
Menurut saya, arti penting organisasi dalam perusahaan itu adalah mengerjakan kegiatan kegiatan dengan baik, melakukan pekerjaan secara bersama sama, membuat kelompok dalam pekerjaan organisasi, memberi masukan pada rekan rekan kerjanya, memberi motivasi pada rekan rekan kerja nya, bekerja dengan sekreatif mungkin agar semua tugas tugas yang di kerjakan nya mendapat kan hasil yang sangat memuaskan. 


Daftar Pustaka 
Aldag (R.J) & BRIEF (A.P) managing organizational behavior. New York. West Publishing company. 1981.498 PP 
penulis Prof. Dr Faisal Affif.spec.iic, Prof. Dr. R. PAEMELEIRE dan I. UYTTERSCHOUT 
Chesters I Barnard. The Functions Of The Execcutive, Harvord University Press, Cambridge. Mass 1938
penulis Prof. Dr. Sukanto Reksonadiprodjo. M.COM, penerbit Yogyakarta 
Allen, Louis A., 1958, Management and Organization, New York, MC Graw-Hill Book Company 
penulis Drs. IG Wursanto 
Argyris, Chris. Integrating The Individual and The Organization. New York: John Wiley and Sons Inc., 1964
penulis Prof. Dr. J. Winardi, SE 
http://hellmie.wordpress.com/2009/10/20/pentingnya-organisasi-dalam-perusahaan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar